Tujuan penyusunan KTSP adalah:
1. Diharapkan guru memahami dan memaknai standar isi dan standar kompetensi lulusan.
Dengan memahami standar isi diharapkan setiap guru dalam membuat RPP nya tidak melenceng dari standar yang telah ditetapkan. Begitu juga dengan memahami standar kompetensi lulusan, setiap guru dalam menyususn RPP dan mengajarnya akan selalu menitikberatkan pada kompetensi siswa.
2. Mengembangkan muatan lokal
Muatan local yang telah dikembangkan di sekolah tempat saya bertugas yaitu di SMP Negeri 2 Ciampel adalah Ketrampilan Menjahit. Yang menjadi dasar mengapa harus ketrampilan menjahit, adalah: banyak perusahaan konveksi disekitar sekolah, dan diharapkan dengan ketrampilan yang dimilikinya akan mudah untuk berwiraswasta.
3. Mengembangkan kegiatan pengembangan diri.
Pengembangan diri yang diterapkan antara lain adalah:
a. Rohani Islam
Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa, serta untuk menjadi benteng pertahanan dari pengaruh-pengaruh buruk media masa yang menampilkan adegan-adegan yang tidak sesuai dengan moralitas bangsa.
b. Berbagai macam Olah raga
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesibukan bagi siswa sehingga kegiatan yang sifatnya hura-hura dapat ditekan.
c. KIR, Matematika Club, dan Bahasa Kreatif
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan aspek kognitif siswa, dapat meningkatkan kreativitas siswa, dan dapat meningkatkan ketrampilan siswa.
4. Membuat kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Diharapkan semua guru dapat membuat KKM yang terdiri dari aspek esensial, intake siswa, dan aspek sarana pendukung.
5. Memahami pendidikan kecakapan hidup.
Kecakapan hidup yang menjadi prioritas adalah kecakapan personal (kepercayaan diri siswa), kecakapan akademis, dan kecakapan social. Diharapkan setiap guru dalam membuat RPP dan dalam mengajar dikelas memperhatikan ketiga kecakapan tersebut.
6. Mengembangkan pendidikan berbasis keunggulan local dan global.
Sebenarnya banyak sekali keunggulan local yang bisa dikembangkan disekolah, antara lain: potensi air yang melimpah dapat dikembangkan dengan cara memberikan pelajaran tentang beternak ikan.
1. Diharapkan guru memahami dan memaknai standar isi dan standar kompetensi lulusan.
Dengan memahami standar isi diharapkan setiap guru dalam membuat RPP nya tidak melenceng dari standar yang telah ditetapkan. Begitu juga dengan memahami standar kompetensi lulusan, setiap guru dalam menyususn RPP dan mengajarnya akan selalu menitikberatkan pada kompetensi siswa.
2. Mengembangkan muatan lokal
Muatan local yang telah dikembangkan di sekolah tempat saya bertugas yaitu di SMP Negeri 2 Ciampel adalah Ketrampilan Menjahit. Yang menjadi dasar mengapa harus ketrampilan menjahit, adalah: banyak perusahaan konveksi disekitar sekolah, dan diharapkan dengan ketrampilan yang dimilikinya akan mudah untuk berwiraswasta.
3. Mengembangkan kegiatan pengembangan diri.
Pengembangan diri yang diterapkan antara lain adalah:
a. Rohani Islam
Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa, serta untuk menjadi benteng pertahanan dari pengaruh-pengaruh buruk media masa yang menampilkan adegan-adegan yang tidak sesuai dengan moralitas bangsa.
b. Berbagai macam Olah raga
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesibukan bagi siswa sehingga kegiatan yang sifatnya hura-hura dapat ditekan.
c. KIR, Matematika Club, dan Bahasa Kreatif
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan aspek kognitif siswa, dapat meningkatkan kreativitas siswa, dan dapat meningkatkan ketrampilan siswa.
4. Membuat kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Diharapkan semua guru dapat membuat KKM yang terdiri dari aspek esensial, intake siswa, dan aspek sarana pendukung.
5. Memahami pendidikan kecakapan hidup.
Kecakapan hidup yang menjadi prioritas adalah kecakapan personal (kepercayaan diri siswa), kecakapan akademis, dan kecakapan social. Diharapkan setiap guru dalam membuat RPP dan dalam mengajar dikelas memperhatikan ketiga kecakapan tersebut.
6. Mengembangkan pendidikan berbasis keunggulan local dan global.
Sebenarnya banyak sekali keunggulan local yang bisa dikembangkan disekolah, antara lain: potensi air yang melimpah dapat dikembangkan dengan cara memberikan pelajaran tentang beternak ikan.
A. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SATUAN
PENDIDIKAN (SKL-SP)
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP)
meliputi:
1. SD/MI/SDLB/Paket A;
2. SMP/MTs./SMPLB/Paket B;
3. SMA/MA/SMALB/Paket C;
4. SMK/MAK.
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP)
dikembangkan
berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni:
1. Pendidikan Dasar, yang meliputi SD/MI/SDLB/Paket A dan
SMP/MTs./SMPLB/Paket B bertujuan: Meletakkan dasar
kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
2. Pendidikan Menengah yang terdiri atas
SMA/MA/SMALB/Paket C
bertujuan: Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak
mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan
lebih lanjut
3. Pendidikan Menengah Kejuruan yang terdiri atas SMK/MAK
bertujuan:
Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak
mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut
sesuai dengan kejuruannya
Adapun Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan
(SKL-SP)
selengkapnya adalah:
SD/MI/SDLB*/Paket A
1. Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan anak
2. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
lingkungannya
4. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
5. Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara
logis, kritis,
dan kreatif
6. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan
kreatif, dengan
bimbingan guru/pendidik
7. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan
menyadari potensinya
2
8. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana
dalam
kehidupan sehari-hari
9. Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
di lingkungan
sekitar
10. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan
11. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,
negara, dan
tanah air Indonesia
12. Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni
dan budaya
lokal
13. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar,
aman, dan
memanfaatkan waktu luang
14. Berkomunikasi secara jelas dan santun
15. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan
menjaga diri sendiri
dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
16. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
17. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca,
menulis, dan
berhitung
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan
tahap
perkembangan remaja
2. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3. Menunjukkan sikap percaya diri
4. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
lingkungan yang lebih
luas
5. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi dalam lingkup nasional
6. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan
sekitar dan sumbersumber
lain secara logis, kritis, dan kreatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
8. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai
dengan potensi
yang dimilikinya
9. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah dalam
kehidupan sehari-hari
10. Mendeskripsi gejala alam dan sosial
11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan
bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam
Negara
Kesatuan Republik Indonesia
13. Menghargai karya seni dan budaya nasional
14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan
untuk berkarya
3
15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu
luang
16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun
17. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
18. Menghargai adanya perbedaan pendapat
19. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah
pendek sederhana
20. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca,
dan menulis
dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti
pendidikan
menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan
perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan
kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab
atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan
secara logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar
untuk
pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang
terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah
kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan
sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun
kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran
jasmani, serta
kebersihan lingkungan
4
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan
santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati
terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah
secara
sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis,
dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti
pendidikan
tinggi
SMK/MAK
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan
perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan
kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab
atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan
secara logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar
untuk
pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang
terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah
kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan
sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun
kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran
jasmani, serta
kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan
santun
5
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati
terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah
secara
sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis,
dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai kompetensi program keahlian dan
kewirausahaan baik untuk
memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti
pendidikan tinggi
sesuai dengan kejuruannya
Catatan: * Berlaku untuk A,B,D,E
Sedangkan untuk C, C1, D1, dan G ditetapkan tersendiri
B. STANDAR
KOMPETENSI KELOMPOK MATA
PELAJARAN (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
terdiri atas
kelompok-kelompok mata pelajaran:
1. Agama dan Akhlak Mulia;
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4. Estetika;
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
dikembangkan
berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan
setiap kelompok
mata pelajaran, yakni:
1. Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan
tersebut
dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama,
kewarganegaraan,
kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika,
jasmani, olahraga,
dan kesehatan.
2. Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa
kebangsaan
dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan
agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan
budaya, dan
pendidikan jasmani.
3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
bertujuan:
mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis
peserta didik.
Pada satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini
dicapai melalui
muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu
pengetahuan alam,
ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan
lokal yang
relevan,
6
Pada satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB/Paket B, tujuan ini
dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu
pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan,
dan/atau teknologi
informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
Pada satuan pendidikan SMA/MA/SMALB/Paket C, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu
pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan,
teknologi informasi
dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
Pada satuan pendidikan SMK/MAK, tujuan ini dicapai melalui
muatan
dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan
alam, ilmu
pengetahuan sosial, keterampilan, kejuruan, teknologi
informasi dan
komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
4. Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk
karakter peserta
didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan
pemahaman budaya.
Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan
bahasa, seni dan
budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
5. Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah Raga, dan
Kesehatan bertujuan:
membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan
rohani, dan
menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui
muatan dan/atau
kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan
kesehatan, ilmu
pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
untuk masingmasing
satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. Agama dan Akhlak Mulia
SD/MI/SDLB*/Paket A
1. Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan
tahap
perkembangan anak
2. Menunjukkan sikap jujur dan adil
3. Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4. Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat
dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan
5. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman,
dan
memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
6. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama
manusia dan
lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan
tahap
perkembangan remaja
2. Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan
3. Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi
7
4. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
yang
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
5. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu
luang sesuai dengan tuntunan agamanya
6. Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
secara
bertanggung jawab
7. Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran
agama
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan
perkembangan remaja
2. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras,
golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
3. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
4. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
5. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati
terhadap orang lain
6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang
mencerminkan
harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
7. Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran
jasmani dalam
kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
8. Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
secara
bertanggung jawab
SMK/MAK
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan
perkembangan remaja
2. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras,
golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
3. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
4. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
5. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati
terhadap orang lain
6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang
mencerminkan
harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
7. Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran
jasmani dalam
kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
8. Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
secara
bertanggung jawab
8
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
SD/MI/SDLB*/Paket A
1. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,
negara, dan
tanah air Indonesia
2. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
lingkungannya
3. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4. Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan
5. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
6. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan
menyadari potensinya
7. Berkomunikasi secara santun
8. Menunjukkan kegemaran membaca
9. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman,
dan
memanfaatkan waktu luang
10. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan
menjaga diri sendiri
dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
11. Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui
kegiatan seni dan
budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1. Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa,
dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara
Kesatuan
Republik Indonesia
2. Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
3. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan
golongan sosial
ekonomi dalam lingkup nasional
4. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
5. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun
7. Menunjukkan sikap percaya diri
8. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
9. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai
dengan potensi
yang dimilikinya
10. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan
untuk berkarya
11. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, dan
aman dalam
kehidupan sehari-hari
12. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
13. Menghargai adanya perbedaan pendapat
14. Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia
9
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
2. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial,
hukum dan
perundangan
3. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras,
golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
4. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
5. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan
kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
7. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab
atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar
untuk
pemberdayaan diri
9. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10. Berkarya secara kreatif, baik individual maupun
kelompok
11. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
12. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
meningkatkan ketaqwaan
dan memperkuat kepribadian
13. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
14. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati
terhadap orang lain
15. Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika
SMK/MAK
1. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik
Indonesia
2. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial,
hukum dan
perundangan
3. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras,
golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
4. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
5. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan
kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
7. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab
atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar
untuk
pemberdayaan diri
10
9. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10. Berkarya secara kreatif, baik individual maupun
kelompok
11. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
12. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
meningkatkan ketaqwaan
dan memperkuat kepribadian
13. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di
masyarakat
14. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati
terhadap orang lain
15. Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
SD/MI/SDLB*/Paket A
1. Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang
lingkungan
sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan
kreatif dengan
bimbingan guru/pendidik
3. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
4. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana
dalam
kehidupan sehari-hari
5. Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
di lingkungan
sekitar
6. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis,
dan
berhitung
7. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman,
dan
memanfaatkan waktu luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1. Mencari dan menerapkan informasi secara logis, kritis,
dan kreatif
2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan
kreatif
3. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai
dengan potensi
yang dimilikinya
4. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah dalam
kehidupan sehari-hari
5. Mendeskripsi gejala alam dan sosial
6. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
7. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk
berkarya
8. Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu
luang
9. Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan
menulis
dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana
11
10. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti
pendidikan
menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1. Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan
teknologi
secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
secara mandiri
3. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar
untuk
pemberdayaan diri
4. Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja
untuk mendapatkan
hasil yang terbaik dalam bidang iptek
5. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah
kompleks
6. Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan
sosial sesuai
dengan kekhasan daerah masing-masing
7. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
8. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
9. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis,
dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
11. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti
pendidikan
tinggi
SMK/MAK
1. Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan
teknologi
secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
secara mandiri
3. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar
untuk
pemberdayaan diri
4. Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja
untuk mendapatkan
hasil yang terbaik dalam bidang iptek
5. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah
kompleks
6. Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan
sosial sesuai
dengan kekhasan daerah masing-masing
7. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
8. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
9. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis,
dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
12
11. Menguasai kompetensi program keahlian dan
kewirausahaan baik untuk
memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti
pendidikan tinggi
sesuai dengan kejuruannya
4. Estetika
SD/MI/SDLB*/Paket A
1. Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan
budaya
lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1. Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi seni
2. Menghargai karya seni, budaya, dan keterampilan sesuai
dengan kekhasan
lokal
3. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1. Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan
kreasi seni
2. Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
3. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
4. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun
kelompok
SMK/MAK
1. Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan
kreasi seni
2. Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
3. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
4. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun
kelompok
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
SD/MI/SDLB*/Paket A
1. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman
dan
memanfaatkan waktu luang
2. Mengenal berbagai informasi tentang potensi sumber daya
lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu
luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman
dan
memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan lingkungan
secara
bertanggung jawab
2. Mencari dan menerapkan berbagai informasi tentang
potensi sumber daya
lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
13
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
2. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan
potensi lokal
untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran
jasmani
3. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang
terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan
kesehatan
SMK/MAK
1. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
2. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan
potensi lokal
untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran
jasmani
3. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang
terbaik
dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan
1 comments:
terima kasih menginspirasi sekali
Posting Komentar