Konsep Teknologi Pendidikan
Pandangan umum tentang teknologi sangat mempengaruhi
teknologi pendidikan. Awal dari kebutuhan teknologi untuk dunia pendidikan
karena pengaruh teknologi produk yang makin banyak diminati masyarakat. Teknologi pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide,
prosedur, dan pengelolaannya.
Beberapa pakar juga
mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai pengembangan, penerapan dan
evaluasi atas sistem, tehnik, serta alat bantu untuk meningkatkan proses
belajar (manusia).
Namun ada juga yang
mendefinisikannya sebagai penerapan pengetahuan ilmiah mengenai belajar dan
kondisi belajar untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi pengajaran dan
pelatihan. Jika tidak ada temuan atau prinsip ilmiah, maka teknologi pendidikan
menggunakan tehnik teruji secara empirik untuk meningkatkan proses
belajar.
Teknologi pendidikan bisa dipahami sebagai sesuatu proses
yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan
organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi
permasalahan, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut
yang mencakup semua aspek belajar manusia.
Terdapat tiga prinsip dasar dalam teknologi pendidikan
sebagai acuan dalam pengembangan dan pemanfaatannya, yaitu : pendekatan sistem,
berorientasi pada mahasiswa, dan pemanfaatan sumber belajar.
Prinsip pendekatan sistem berarti bahwa penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran perlu desain / perancangan dengan menggunakan
pendekatan sistem. Dalam merancang pembelajaran diperlukan langkah-langkah
prosedural meliputi : identifikasi masalah, analisis keadaan, identifikasi
tujuan, pengelolaan pembelajaran, penetapan metode, penetapan media evaluasi
pembelajaran.
Prinsip berorientasi pada siswa berarti bahwa dalam
pembelajaran hendaknya memusatkan perhatiannya pada peserta didik dengan
memperhatikan karakteristik, minat, potensi dari siswa. Prinsip pemanfaatan
sumber belajar berarti dalam pembelajaran siswa hendaknya dapat memanfaatkan
sumber belajar untuk mengakses pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkannya.
Satu hal lagi bahwa teknologi pendidikan adalah satu bidang yang menekankan
pada aspek belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dalam satu
kegiatan pendidikan adalah bagaimana siswa dapat belajar, dengan cara
mengidentifikasi, mengembangkan, mengorganisasi, serta menggunakan segala macam
sumber belajar. Dengan demikian upaya pemecahan masalah dalam pendekatan
teknologi pendidikan adalah dengan mendayagunakan sumber belajar. Hal ini sesuai
dengan ditandai dengan pengubahan istilah dari teknologi pendidikan menjadi
teknologi pembelajaran. Dalam definisi teknologi pembelajaran dinyatakan bahwa
” Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam hal desain, pengembangan,
pemanfaatan, mengelolaan, dan evaluasi terhadap sumber dan proses untuk belajar”.
0 comments:
Posting Komentar